Pengertian Sepak Bola

Kroasia sebagai runner-up di Piala Dunia FIFA 2018, yang mengejutkan penggemar sepak bola. Datang ke turnamen, tim nasional Kroasia tidak pernah dipandang sebagai favorit untuk bahkan memuncaki grup mereka, jauh lebih maju ke final turnamen paling bergengsi di sepak bola pria. Dari liga belanja besar di Eropa hingga liga kecil di Afrika, emosi yang mengikuti game bertabur bintang dapat ditemukan bahkan di antara pertandingan yang tidak mendapat perhatian media yang menonjol. Orang-orang menuangi bir, minuman keras, melemparkan pizza ke wajah orang lain, dan kemudian pergi keluar untuk bermain.

Begitu pertandingan dimulai, ada semacam petugas lapangan yang memastikan semua orang masih mabuk. Setiap kali gol dicetak, pencetak gol itu diberikan ujian breathalyzer, dan jika dia gagal kurang dari 1 . 0, gol itu akan dianulir. Tua dan muda, para pekerja Rusia segera tertarik dengan permainan tersebut dan mereka memainkan sepak bola amatir di lapangan yang dimodifikasi dan belajar dengan cepat. Kepemilikan bola diberikan ke tim lawan jika pemain yang posisinya offside terlibat aktif dalam permainan. Wasit kemudian akan memberikan tendangan bebas tidak langsung dari titik pemain terkena offside, bahkan jika terjadi di paruh lapangan tim menyerang.

Dalam pertandingan profesional ada 3 petugas yang memimpin jalannya sebuah pertandingan sepak bola yaitu wasit, 2 hakim garis, dan seorang petugas di pinggir tengah lapangan. Wasit bertugas memberikan hukuman dan peringatan atas pelanggaran yang terjadi di lapangan. Dalam satu tim sepak bola terdapat 1 orang penjaga gawang, 2-4 orang pemain bertahan, 2-5 orang pemain tengah, dan 1-3 orang penyerang. Dalam sebuah tim juga terdapat seotang kapten yang bertugas untuk memimpin dan mengoordinasi para pemain agar bermain secara tim di lapangan, biasanya kapten ditandai dengan armband. Sepak bola dimainkan dalam lapangan terbuka yang berbentuk persegi panjang, di atas rumput.

Permainan ini dipimpin oleh seorang wasit yang dibantu oleh hakim garis 2 yang berlangsung 2 × 45 menit dan dapat diperpanjang jika hasilnya seimbang. Dua tim yang masing-masing terdiri dari 11 orang bertarung untuk memasukkan sebuah bola bundar ke gawang lawan (“mencetak gol”). Tim yang mencetak lebih banyak gol adalah sang pemenang (biasanya dalam jangka waktu 90 menit, tetapi ada cara lainnya untuk menentukan pemenang jika hasilnya seri). Peraturan terpenting dalam mencapai tujuan ini adalah para pemain (kecuali penjaga gawang) tidak boleh menyentuh bola dengan tangan mereka selama masih dalam permainan.

Wasit memiliki peluit yang menandakan apakah saat berhenti atau memulai memainkan bola. Dia juga bertugas memberikan hukuman dan peringatan atas pelanggaran yang terjadi di lapangan. Masing-masing penjaga garis bertanggung jawab mengawasi setengah bagian dari lapangan. Mereka membawa bendera dengan warna terang untuk menandakan adanya pelanggaran, bola keluar, ataupun offside. Biasanya mereka akan bergerak mengikuti posisi pemain belakang terakhir.

metrobali. comPermainan sepak bola bertujuan untuk menggiring lalu memasukkan bola menuju dalam gawang lawan sebanyak mungkin agar bisa memenangkan pertandingan. Berikut ada beberapa tujuan dari permainan sepak bola yang dapat dicapai oleh setiap pemain atau tim.

Tim pemenang ditentukan adalah yang paling banyak mencetak gol dalam durasi waktu sepak bola yakni 2 x 45 menit. Perhitungan gol dilakukan ketika bola masuk kedalam jaring dan melewati gawang serta tidak ada pemain yang dalam keadaan offside, pelanggaran, atau pun hands ball. Semua keputusan gol atau tidaknya ditentukan oleh wasit sebagai pemimpin dalam pertandingan sepak bola.

Pengertian sepak bolah menurut Nurhasan adalah permainan sepak bola dilakukan dalam 2 (dua) babak, yang mana masing-masing dari babak pada umumnya berlangsung selama 45 menit. Para pemain menggunakan sepatu bola serta kostum yang berbeda denganlawan mainnya, sedangkan untuk penjaga gawan harus mengenakan kostum khusus yang berbeda dengan para pemain lainnya. Dalam pertandingan profesional, terdapat 4 petugas yang memimpin jalannya pertandingan, yaitu wasit, 2 hakim garis, dan seorang petugas di pinggir tengah lapangan serta wasit gawang yang berada di pinggir gawang.

Beda hal dengan basket yang dari sebuah permainan terbuka, lalu bola masuk ke ranjang, dan poinnya bisa terhitung dua sampai tiga poin (tergantung jarak tembak). Bukan pula olahraga tenis yang pakai sistem hitung 15, 30, dan 40 untuk memenangkan satugame. Dalam sepak bola, tak sedikit pertandingan yang bisa berakhir dengan skor 0-0. Sehingga permainan Sepakbola dianggap bisa lebih menghargai poin dibandingkan dengan permainan olah raga lainnya. Setiap tim terdiri dari 11 pemain utama dengan 10 pemain utama dan 1 penjaga gawang, dengan beberapa pemain cadangan yang siap dibutuhkan untuk menggantikan pemain utama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *